Bidan Desa Satu bulan Satu kali di Dusun 3 Sukarame

Bidan desa merupakan salah satu tenaga kesehatan yang menangani masalah kesmas (kesehatan masyarakat) di desa Sukarame. Pelayanan satu bulan satu kali adalah pelayanan yang tak asing lagi di setiap daerah. Pelayanan itu dikenal dengan POSYANDU. Kegiatan berkala tersebut dilakukan di setiap RW, berupa pemberian vitamin bagi batita, vaksinasi, pemantauan kesehatan balita; ibu hamil; dan lansia.

Sudah menjadi kewajiban kami sebagai pemberdaya ikut serta dalam kegiatan posyandu. Pemeriksaan dilakukan oleh bidan desa, Bidan Rini dibantu oleh staff desa. Kami memberikan masukan untuk sistem pendaftaran posyandu kepada staff kesehatan. Mengingat pendaftaran posyandu di dusun tersebut masih belum terkoordinir. Sebelum dilakukan posyandu, peserta posyandu diwajibkan untuk melakukan pendaftaran dan memberikan tanda paraf agar pendataannya real. Kemudian setelah pendaftaran, dilakukan penimbangan berat badan peserta posyandu oleh ibu-ibu PKK dibantu peserta KKN 229. Sistem yang dijalankan adalah mengunjungi masing-masing tempat posyandu di RW 15, RW 13 dan RW 12.

Melalui kegiatan posyandu, kesehatan masyarakat dapat terpantau dengan baik dan juga mengurangi angka kematian, mengingat pusat pelayanan kesehatan yang jauh dari tempat tinggal dusun 3. Pelayanan posyandu yang diberikan sudah memiliki kualitas baik.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s