Observasi Lokasi KKN Sisdamas 2017 di Desa Sukarame Kecamatan Leles Kabupaten Garut

img-20170126-wa0005
Tim observasi KKN Sisdamas 2017 UIN Bandung yang terdiri dari perwakilan 3 kelompok sedang foto bersama Kepala Desa Sukarame (kanan) dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),(kiri). Desa Sukarame, Kamis (26/01/2017).

Garut- Observasi lokasi KKN Sisdamas 2017 di Desa Sukarame, Kecamatan, Leles Kabupaten Garut yang dilaksanakan oleh perwakilan kelompok 009, 119, 229 yang masing-masing kelompok perwakilan 4 orang beserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Bapak H. Cecep Nurul Alam ST., MT merupakn awal perkenalan peserta KKN bersama perwakilan warga yaitu dengan kepala Desa Sukarame yaitu Bapak H. Asep Basir yang kemudian dilanjutkan ke daerah- daerah yang ada di Desa Sukarame sebagai pemetaan lokasi KKN. Kamis (25/01/2017).

Selama observasi berlangsung, kami melakukan wawancara bersama kepala Desa beserta jajarannya. Dimana kami menanyakan keadaan Desa Sukarame, selain wawancara kami tim observasi turun langsung kepemukiman warga dari dusun ke dusun. Secara keseluruhan Desa Sukarame sudah berkembang meskipun ada beberapa akses yang mungkin sedikit sulit dijangkau.

Desa Sukarame terdiri dari tiga dusun, dan yang paling padat penduduknya yaitu dusun 2 yang mencapai 7 Rukun Warga (RW), sedangkan dusun 1 dan 3 masing-masing hanya kurang lebih 5 Rukun Warga (RW). Secara keseluruhan penduduk Desa Sukarame berjumlah 6176 jiwa 1658 kepala keluarga.jika dihitung berdasarkan jenis kelamin, Pria berjumlah 3093 jiwa dan wanita berjumlah 3083 jiwa.

Jika dilihat berdasarkan pendidikan, penduduk Desa Sukarame ini memilki penduduk yang berpendidikan Sekolah Dasar (SD) berjumlah 3248 jiwa, berpendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjumlah 1117 jiwa, berpendidikan Sekolah Menengah Atas berjumlah 756 jiwa, berpendidikan Perguruan Tinggi berjumlah 90 jiwa. Jika dilihat dari berdasarkan pekerjaan, penduduk Desa Sukarame yang bekerja sebagai petani berjumlah 1455 jiwa, yang bekerja sebagai PNS berjumlah 33 jiwa dan sebagai TNI/POLRI brjumlah 10 jiwa.

Mengenai keamanan di Desa Sukarame itu safety seperti yang dikatakan bapak kepala desa saat menceritakan desa Sukarame. Melihat wagra Desa Sukarame pun sebagai tamu atau pendatang sudah merasakan sambutan yang ramah, contohnya seperti kita melewati warga yang sedang beraktifitas mereka menebar senyum dan menjawab dengan sopan ketika kita bertanya.

Berbicara tentang fasilitas pendidikan, di Desa Sukarame terdapat fasilitas pendidikan mulai dari TK/RA hanya 1, pendidikan Sekolah Dasar (SD) 4 dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjumlah 1. Untuk fasilitas ibadah di Desa Sukarame terhitung banyak masjid/musholah/ masjid ta’lim dibeberapa titik, namun  yang menjadi ikon atau masjid besar yaitu Masjid Miftahul Huda, Al-Ikhlas, Nurul Bayan dan AL-Khoiriah. Dan untuk sarana pelayanan kesehatan, Desa Sukarame ini hanya memilki 1 sarana pelayanan kesehatan.

Mengenai mata pencaharian di Desa Sukarame, setelah tim observasi melihat langsung ke lapangan, ada beberapa mata pencaharian warga desa Sukarame yang menjadi sumber pencaharian mereka diantaranya seperti bertani sawah, terlihat dari jumlah sawah yang banyak dan luas. selain itu juga terdapat pertanian atau kebun jagung yang diolah kembali oleh masyarakat Desa Sukarame terlihat saat tim obsevasi kunjungan ke warga ada beberapa titik yang sedang memanen jagung. Ada juga mata pencaharian seperti peternakan ayam dan kebun pisang yang itu tidak terlalu banyak seperti sawah dan jagung.

cropped-img-20170126-wa0006.jpg
Tim observasi foto bersama dengan DPL ( batik batik) dan pemandu dari kantor Desa Sukarame (baju hitam) saat terjun langsung kepemukiman warga. Desa Sukarame, Kmais (26/01/2017).

Untuk fasilitas jalan di Desa Sukarame sudah bagus, jalan yang terdapat di Desa Sukarame sudah sudah di beton, adapun beberapa titik masih dalam proses pembangunan. Untuk kondisi air, Desa Sukarame sangat subur air, serta penerangan listrik pun cukup memadai, hanya saja dibebrapa titik akses jalan belum ada penerangan yang memadai.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s